Kematian guru sufi yang legendaris ( Gus Mik )

Sabtu, 06 Maret 2010 18.48 Diposting oleh sang pemimpi
Sebenarnya kita hidup di Indonesia ini penuh dengan keanekaragaman yang patut kita syukuri. Perbedaan suku, agama, adat istiadat, tidak harus dijadikan perselisihan melainkan dijadikan rahmat yang dapat membawa kebahagiaan bersama.
Gus Mik…kita semua sering menyebutnya. Kyai ini sangat terkenal karena selain nyentrik tapi juga penuh kharisma. Karena dakwah yang di jalankannya tergolong berat dan “nyleneh” atau aneh dalam bhs Indonesia.
Gus Mik bila berdakwah tidak selalu di masjid atau di forum2 pengajian saja. Melainkan juga di tempat2 pemakaman umum, diskotik, tempat perjudian, atau bahkan di tempat2 pelacuran. Karena itulah banyak yang menganggap Gus Mik sebagai guru dari semua golongan. Tapi jangan salah persepsi dulu bila melihat Gus Mik berdakwah di tempat2 maksiat seperti itu. Biasanya orang yang di ajak bicara oleh Gus Mik……langsung insyaf dan sadar…terus kembali ke jalan yang benar.
Suatu saat Gus Mik bermain judi dengan beberapa tukang becak. Pada saat itu tidak ada yang tahu bahwa itu adalah Gus Mik. Karena gusmik sedang “menyamar”….. Setelah permainan beberapa kali akhirnya Gus Mik pun membuka diri dan barulah beberapa tukang becak itu malu dan meminta Gus Mik untuk mendoakan mereka semua. Akhirnya Gus Mik menasehati dan mendoakan mereka……serta memberikan sedikit modal untuk berusaha secara hallal. Hebatnya….doa gusmik di kabulkan oleh Allah. Sehingga tukang2 becak tersebut menghentikan kebiasaannya bermain judi. Dan mencoba hidup secara benar menurut agamanya masing2.
Gus Mik memang tokoh yang sangat dihormati dan di sayangi oleh semua kelompok. Termasuk mereka para pedagang besar di kota kediri. Suatu saat Gus Mik mampir di sebuah toko Truk dan menanyakan kepada pemilik toko yang kebetulan seorang china. Orang china tersebut mengetahui bahwa yang datang adalah Gus Mik…maka dia langsung melayaninya dengan baik. Semua pertanyaan Gus Mik di jawab dengan baik. Setelah selesai bertanya-tanya , akhirnya Gus Mik keluar dari toko dan hanya bilang Truk Itu bagus ya kalau bisa di pakai di pondok.
Ternyata keesokan harinya, truk yang di bilang Gus Mik tersebut tiba2 saja diantarkan oleh sang pemilik untuk disedekahkan ke pondok Gus Mik. Banyak orang yang percaya kalau bersedekah kepada Gus Mik…apapun cita-2 nya akan terkabul. Untuk itulah si orang China tersebut melakukannya. Gus Mik memang di sayangi oleh semua pemeluk agama apapun di Kediri. Mengingat Kharisma yang dimilikinya.
Setiap orang yang bertemu dengan Gus Mik selalu berusaha mencium tangannya. Mengharap mendapat berkah dan kharomah. Di dalam kelompok pengajiannya yang biasa disebut sebagai “ Dzikrul Ghofilin” selalu di padati oleh pengikutnya.
Pernah di ceritakan Suatu ketika Gus Miek pergi ke discotiq dan disana bertemu dengan Pengunjung yang sedang asyik menenggak minuman keras, Gus Miek menghampiri mereka dan mengambil sebotol minuman keras lalu memasukkannya ke mulut Gus Miek salah satu dari mereka mengenali Gus Miek dan bertanya kepada Gus Miek.” Gus kenapa sampeyan ikut Minum bersama kami ? sampeyankan tahu ini minuman keras yang diharamkan oleh Agama ? lalu Gus Miek Menjawab “aku tidak meminumnya …..!! aku hanya membuang minuman itu kelaut…!hal ini membuat mereka bertanya-tanya, padahal sudah jelas tadi Gus Miek meminum minuman keras tersebut. Diliputi rasa keanehan ,Gus miek angkat bicara “sampeyan semua ga percaya kalo aku tidak meminumnya tapi membuangnya kelaut..? lalu Gus Miek Membuka lebar Mulutnya dan mereka semua terperanjat kaget didalam Mulut Gus miek terlihat Laut yang bergelombang dan ternyata benar minuman keras tersebut dibuang kelaut. Dan Saat itu juga mereka diberi Hidayah Oleh Alloh SWt untuk bertaubat dan meninggalkan minum-minuman keras yang dilarang oleh agama. Itulah salah salah satu Karomah kewaliyan yang diberikan Alloh kepada Gus Miek.
Sampailah akhirnya pada suatu saat Gus Mik di panggil oleh Allah SWT. Innalillahi Wa Innailaihi Roji’un. …….Ribuan orang melayat dari berbagai agama ataupun golongan. Dari masyarakat kecil sampai pejabat , semua berduyun-duyun untuk mengantarkan jenazah Gus Mik.
Pada saat proses menuju ke pemakaman……ternyata jenazah Gus Mik tidak di usung memakai keranda mayat melainkan langsung di bawa oleh orang-2 yang sedang melayat di sana. Karena saking cinta nya mereka semua kepada Gusmik….mereka rela berjejer dari depan rumah Gusmik samapi ke Area pemakaman. Dan Tubuh Gusmik “dibopong” dari satu orang ke orang berikutnya…begitu seterusnya sampai ke pemakaman.
Sungguh begitulah pemandangan yang mengharukan. Begitulah orang yang sangat di cintai..walaupun sudah meninggal…tapi jasa2 nya tidak akan terlupakan oleh umatnya.Seorang Kyai sekaligus tokoh yang sangat di hormati dan di cintai oleh semua golongan itu telah meninggalkan kita semua. Tapi aku yakin banyak orang yang akan selalu mengingatnya dan menyayanginya. Semoga Allah menerima amal dan perbuatannya sebagai hamba yang di ridhoiNya. Amiin.
Demikian kisah yang dapat saya sampaikan. Cerita ini merupakan cerita dari mulut ke mulut bila ada narasi yang kurang berkenan saya mohon maaf. Saya hanya berharap semoga kita banyak mengambil manfaat dari kisah ini dan mencoba menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Kalau tidak bisa menjadi orang yang di cintai oleh masyarakat………..setidaknya kita di kenang sebagai orang yang baik dan banyak manfaatnya.

2 Response to "Kematian guru sufi yang legendaris ( Gus Mik )"

  1. Unknown Says:

    Asik

  2. Unknown Says:

    Asik

Posting Komentar